Franchise adalah skema bisnis yang tepat kalau Anda ingin memulai usaha tapi bingung membayangkan persiapannya yang banyak atau pengelolaannya yang rumit. Cara kerja franchise juga cukup mudah bagis Anda yang masih pemula.
Terlebih lagi di masa-masa kebangkitan ekonomi setelah pandemi COVID-19 dimana bisnis-bisnis baru kini mulai bermunculan. Memulai bisnis franchise bisa jadi peluang usaha sendiri bagi Anda untuk meraup keuntungan.
Tapi, apa itu franchise? Seberapa untung sih berbisnis dengan sistem ini? Simak artikel ini yuk, karena kami akan membahas pengertian franchise, keuntungan dan berbagai tantangannya. Mari mulai!
Pada dasarnya, bisnis franchise adalah bentuk kerja sama antara pemilik brand dengan partner bisnis yang ingin memulai usaha. Prosesnya dilakukan dengan memasarkan brand yang sama, menggunakan sistem bagi hasil sesuai kesepakatan.
Dalam bahasa Indonesia, istilah yang dipakai untuk franchise adalah waralaba. Wara artinya “lebih”dan laba berarti “untung”.
Secara luas, waralaba adalah sistem bisnis yang memberikan hak khusus kepada penerima waralaba untuk mengelola dan menjual suatu produk atau jasa miliki pemberi waralaba.
Di bisnis ini, sebutan untuk pihak pembeli franchise adalah franchisee, sedangkan pihak penjualnya disebut franchisor. Keduanya bisa perorangan atau bisa juga meruapakan badan hukum.
Dalam model bisnis ini, franchisor memiliki hak seutuhnya untuk mengatur dan memberikan perizinan terhadap bisnisnya, sebagai franchisee harus memenuhi keinginan franchisor yang berkaitan dengan internal bisnis tersebut.
Meski begitu, franchise adalah bisnis yang tetap membawa banyak keuntungan bagi kedua belah pihak, baik franchisor ataupun franchisee.
Dengan sistem ini, brand milik franchisor akan semakin dikenal masyarakat tanpa harus mengeluarkan biaya sendiri untuk membuka cabang.
Sebaliknya, franchisee dapat memiliki bisnis yang sudah memiliki “nama” hanya dengan membayarkan biaya yang telah ditetapkan untuk membeli franchise tersebut, tanpa harus merintis bisnis dari awal.
Anda sudah mempelajari arti franchise di poin sebelumnya. Namun, agar lebih mengenal bisnis waralab, kami akan membahas istilah dalam franchise yang perlu Anda ketahui.
Beberapa istilah yang akan sering Anda dengan saat terjun ke dunia franchise adalah sebagai berikut :
Franchise memiliki beberapa jenis berdasarkan skema operasi bisnisnya. Jenis ini ditentukan oleh International Franchise Association (IFA), yang merupakan lembaga pembinaan waralaba terbesar di dunia yang saat ini beroperasi di Amerika Serikat.
Berdasarkan model operasi bisnisnya, jenis-jenis franchise adalah :
Beberapa manfaat yang akan Anda rasakan saat menjalankan bisnis franchise adalah :
Walaupun bisnis franchise membawa banyak keuntungan, ada juga tantangan-tantangan yang harus Anda hadapi jika memilih bisnis ini. Berikut ini kekurangan bisnis franchise yang menjadi tantangan :
Meski sudah memahami pengertian franchise dan jenis-jenisnya, Anda mungkin masih penasaran, bisnis franchise apa saja sih yang ada dan cukup terkenal di Indonesia?
Nah, agar Anda lebih memahami ada yang dimaksud engan franchise, ini dia contoh bisnis franchise yang terkenal di Indonesia :
Sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia, bisnis makanan atau minuman memang tak pernah ada surutnya! contoh bisnis franchise populer di bidang ini adalah McDonald’s.
Sebagai franchisor, McDonald’s mempertahankan kendali terhadap merek, proses operasional, dan pengalaman pelanggan.
McDonald’s juga memberikan dukungan berupa pelatihan, dukungan pemasaran, dan SOP yang konsisten untuk memastikan keseragaman dan kualitas di semua lokasi franchise.
Subway merupakan restoran sandwich yang sudah memiliki lebih dari 40.000 outlet di seluruh dunia. Contoh bisnis franchise ini juga mulai membuka cabang lagi di Indonesia pada akhir tahun 2021.
Menariknya, Subway sempat pernah membuka outlet di Indonesia sekitar tahun 1990-an awal. Namun, seluruh outlet harus ditutup saat terjadi krisis ekonomi skala Asia.
Sebagai franchisor, mereka menawarkan peluang bagi individu yang ingin membuka gerai Subway. Pemilik waralaba Subway akan memberikan hak menggunakan merek dagang, varian menu, dan sistem operasional yang telah ditetapkan ke franchisee.
Salah satu contoh franchise yang sukses di Indonesia selanjutnya adalah Indomaret. Indomaret meruapakan minimarket yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, seperti makanan, minuman, produk rumah tangga, dan lainnya.
Hampir sama seperti bisnis waralaba lainnya, Indomaret memberi dukungan pelatihan dalam pengoperasian toko, manajemen persediaan, dan layanan pelanggan.
Bahkan, Indomaret juga menyediakan bantuan dalam hal pemilihan lokasi yang strategis untuk membuka gerai.
Jadi, franchise atau waralaba adalah sistem bisnis yang memungkinkan wirausahawan menjalankan usaha dengan menggunakan brand, produk, hingga sistem kerja dari franchisor.
Ada banyak keuntungan franchise, mulai dari minim resiko, profit melimpah, tak perlu melakukan upaya brand awareness dari nol, dan masih banyak lagi.
Namun, memulai bisnis waralaba tetap membutuhkan pengelolaan bisnis yang baik dan telaten. Makanya, agar bisnis franchise bisa memberikan keuntungan lebih dari modal, jangan lupa untuk mempromosikannya secara online. Untuk melakukan promosi melalui online, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang mendukung. Tenang aja, dengan Trikamedia, kamu bisa ngelakuin apa aja. Yuk pasang sekarang !.