logo trikamedia white landscape

Apa Itu User Generated Content dan Manfaatnya Bagi Bisnis

User Generated Content

UGC atau User Generated Content adalah salah satu cara mempromosikan produk yang paling ampuh. Entah Anda ingin meningkatkan angka penjualan atau brand awareness, penting untuk memanfaatkan konten buatan user atau pengguna.

Alasannya, saat ini rekomendasi dari sesama pengguna lebih mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen daripada konten iklan brand. Itulah mengapa, pendekatan hard selling cenderung tidak memberikan pengaruh besar terhadap penjualan produk.

Nah, kalau Anda mau tahu apa itu User Generated Content, simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Apa Itu User Generated Content?

User Generated Content merupakan konten buatan pengguna brand tanpa dibayar, bisa berupa review, feedback, studi kasus, ataupun postingan di media sosial lainnya.

Jadi, alih-alih Anda yang melakukan pemasaran, penggunalah yang akan mempromosikan produk Anda secara sukarela. Nah, pengguna yang membuat konten tentang brand ini disebut dengan UGC creator.

User Generated Content menjadi strategi pemasaran yang efektif karena konten promosi memiliki kesan yang lebih natural dari iklan. Kesan ini bisa terlihat dari cara UGC creator menjelaskan penggunaan produk yang disertai dengan pengalaman personal.

Contohnya pada konten yang dibuat pengguna tentang skincare adalah dijelaskan pula soal jenis kulit pengguna hingga lama pengguna produk.

Dengan konten buatan pelanggan ini, Anda bisa memanfaatkan strategi marketing word of mouth untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Sebab, ketika konsumen lebih percaya saat melihat akun media sosial yang memberikan review ke brand Anda adalah milik orang asli dan bukan bot.

Tips Menjalankan User Generated Content di Bisnis Anda

Agar strategi pemasaran brand Anda lebih maksimal dengan UGC, ada beberapa tips menjalankan User Generated Content yang bisa Anda ikuti :

1. Pilih Media Sosial yang Tepat

Memilih Media Sosial

Tips pertama dalam mempraktikkan UGC yaitu jangan langsung berpromosi di Instagram atau platform lain tanpa tahu dimana target audiens Anda berada.

Pertimbangkan karakteristik dan demografi pengguna di berbagai platform media sosial untuk memilih yang paling sesuai dengan target pasar Anda. Misalnya, jika Anda ingin menargetkan audiens yang lebih muda dan kreatif, Instagram atau TiktTok mungkin lebih cocok daripada Facebook.

Kemudian, fokuslah ke media sosial yang paling efektif untuk menjalankan kampanye marketing dengan User Generated Content.

2. Tentukan Tujuan Membuat User Generated Content

Sebelum meluncurkan kampanye konten yang dibuat oleh pengguna, tentukan tujuan yang jelas.

Apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness, meningkatkan partisipasi pengguna, atau meningkatkan penjualan? Tujuan yang jelas akan membantu Anda merancang strategi yang lebih efektif dan memudahkan Anda mengukur keberhasilannya.

3. Berikan Reward ke Pelanggan

Memberikan hadiah kepada pelanggan yang berkontribusi dalam pembuatan User Generated Content dapat meningkatkan partisipasi dan keterlibatan mereka.

Misalnya, Anda bisa mengadakan kontes berhadiah atau memberikan diskon khusus bagi pengguna yang memposting konten paling kreatif

4. Berikan Kredit ke Pemilik Konten

Ketika Anda membagikan User Generated Content di sosial media, pastikan untuk selalu memberikan kredit kepada UGC creator di postingan Anda.

Selain pembuat kontent merasa lebih dihargai, audiens juga bisa langsung memastikan bahwa konten yang Anda unggah itu autentik dan benar benar dibuat oleh sesama konsumen.

5. Evaluasi Strategi Pemasaran Anda

Evaluasi strategi pemasaran dengan UGC adalah langkah yang sering dipandang sebelah mata. Padahal evaluasi tak kalah penting untuk mengetahui perkembangan kampanye marketing. Untuk itu, rincikan perkembangan bisnis setiap minggu, bulan, kuartal, hingga tahunan.

Dengan memahami mana strategi yang berhasil dan yang tidak, Anda dapat terus meningkatkan dan mengoptimalkan kampanye pemasaran Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Fungsi User Generated Content (UGC)

Secara umum, User Generated Content berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen sehingga mereka mau membeli suatu produk.

Namun selain itu, terdapat UGC lain yang tak kalah penting, seperti:

  • Menciptakan Konten yang Autentik. Menggunakan konten yang dibuat oleh pengguna memungkinkan bisnis untuk mendapatkan konten yang autentik dan berasal dari pengalaman nyata. Hal ini dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas merek dimata konsumen.
  • Meningkatkan Brand Loyalty. Melibatkan pengguna dalam menciptakan konten berarti melibatkan mereka dalam proses branding dan pemasaran merek. Dengan begitu, Anda bisa menumbuhkan rasa kepemilikan yang dapat meningkatkan loyalty pengguna. Jadi, UGC adalah strategi yang tepat untuk membangun loyalitas pengguna.
  • Meningkatkan Kepercayaan Konsumen. Konten produk yang dibuat oleh pengguna memberikan bukti nyata mengenai pengalaman pengguna dengan produk atau layanan. Hal ini membantu meningkatkan kepercayaan calon konsumen, karena mereka mendapatkan perspektif dari sesama konsumen yang independen.
  • Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Melihat pengalaman positif pengguna lain dengan produk atau layanan dapat mempengaruhi keputusan pembelian calon konsumen. Ulasan dan testimoni pengguna membantu membangun keyakinan dan memperkuat alasan untuk memilih merek tersebut.
  • Mengurangi Anggaran Pemasaran. Menggunakan konten yang dibuat oleh pengguna merupakan strategi pemasaran yang lebih hemat biaya. Dibandingkan dengan kampanye pemasaran tradisional, memanfaatkan UGC dapat mengurangi biaya produksi dan distribusi konten serta meningkatkan efisiensi kampanye pemasaran.

Contoh User Generated Content

Agar Anda mendapat gambaran lebih jelas, berikut kami berikan contoh User Generated Content dari brand populer di Indonesia :

1. Canon Indonesia

Tidak hanya bergantung pada foto-foto yang dibagikan pengguna di halaman review, Canon Indonesia lebih memiliki untuk menarik perhatian konsumen dengan membagikan UGC. Seringkali, Canon Indonesia mengunggah ulang postingan dari UGC creator yang menggunakan #CanonImagingIndonesia di feed Instagram mereka.

2. Jawa Timur Park 3

User Generated Content merupakan salah satu strategi promosi yang juga sudah diterapkan oleh taman hiburan Jawa Timur Park 3.

Di setiap postingannya, Jawa Timur Park 3 selalu mengajak pengunjungnya untuk membagikan momen mereka. Kalau ingin diposting ulang oleh akun Jawa Timur Park 3, pengunjung hanya perlu tag atau mention akun media sosial taman hiburan ini.

Siap Menerapkan Strategi Pemasaran dengan Konten Buatan Pengguna?

User Generated Content adalah strategi jitu untuk meningkatkan brand awareness. Mengombinasikan rencana pemasaran Anda dengan taktik UGC yang tepat akan membantu brand Anda menjadi top of mind bagi konsumen.

UGC adalah konten promosi yang lebih sering ditemukan di sosial media. Tak hanya soal reputasi, tapi juga kemudahan pengelolaannya sesuai keinginan Anda.

Nah, agar proses promosi UGC Anda berjalan lancar, pastikan Anda memiliki koneksi Internet yang terbukti lancar dan cepat. Jika Anda membutuhkan layanan penyedia internet dengan kualitas terbaik, Trikamedia bisa menjadi pilihan.