logo trikamedia white landscape

Apa itu Bare Metal Server? Ini Kelebihan dan Rekomendasinya

bare metal

Seiring berkembangnya zaman, inovasi baru banyak muncul di kalangan para pengguna hosting. Hal ini karena virtualisasi cloud mulai banyak penggunanya. Salah satu inovasi tersebut yakni bare metal server. 

Bare metal adalah sebuah inovasi dalam meningkatkan performa server yang jauh lebih baik dengan biaya yang lebih murah. Layanan ini sangat cocok bagi website yang komplek. 

Dengan demikian, banyaknya data dan ribuan traffic dapat terkelola dengan baik tanpa masalah yang serius seperti, server down. Dalam artikel ini kamu akan lebih mengenal pengertian dan kelebihan dari inovasi ini. 

Apa itu Bare Metal Server?

Bare metal server adalah server penyewa tunggal (single-tenant server). Artinya dalam hal ini server hanya akan menjadi milik kamu sob. Kamu tidak perlu berbagi server dengan pengguna lain. 

Sumber daya server milik satu pengguna ini juga yang membedakan bare metal server dengan share hosting. Pada shared hosting kamu harus membagi sumber daya server dengan pengguna lain. 

Server penyewa tunggal seperti bare metal sangat menguntungkan karena dapat terhindar dari berbagai macam masalah. Misalnya efek noisy neighbour yang dapat mempengaruhi kinerja dan stabilitas.

Dengan single tenant server, kamu tidak perlu takut akan terganggu oleh pengguna lain, karena server ini khusus hanya untuk kamu. Oleh karena itu, pemilik website dengan traffic yang tinggi sangat direkomendasikan menggunakan bare metal.

Kelebihan Bare Metal

Selain server yang hanya dimiliki satu orang, ada banyak kelebihan lain dari bare metal server. Berikut beberapa kelebihan dari inovasi ini:

1. Server yang Fleksibel

Seiring berkembangnya waktu, website juga akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Memiliki traffic yang tinggi akan membuat website juga membutuhkan fasilitas yang cukup memadai. 

Website dengan traffic tinggi juga harus didukung dengan teknologi dan inovasi baru yang dapat menunjang kinerja dan performa dari website. Namun, kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan bare metal cloud. 

Inovasi pada cloud computing dengan kelebihan server yang fleksibel. Kamu bisa menyesuaikan sendiri penyimpanan data dan manajemen data. Sehingga dapat mengoptimalkan dan memenuhi kebutuhan website.

2. Availability yang Tinggi 

Kelebihan berikutnya yakni kemampuan sebuah server untuk tetap beroperasi dan selalu tersedia. Kemampuan yang satu ini juga disebut availability. Hal ini artinya kamu dapat menggunakan server kapanpun dibutuhkan. 

Jika membandingkannya dengan hosting biasa, kelebihan bare metal server ini memungkinkan kamu menikmati layanan tanpa batas waktu atau uptime. Sumber daya server tersebut juga bersifat eksklusif dan khusus hanya untuk satu website.

Kamu juga dapat mengelola konfigurasi server khusus dengan memilih sistem operasi, proteksi keamanan, firewall, serta pengaturan lainnya. Semua itu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan website. 

3. Akses Penuh

Mengalokasikan sumber daya hanya pada satu klien merupakan kelebihan bare metal server. Dengan kelebihan tersebut kamu tidak perlu khawatir akan kebocoran pada data pribadi maupun perusahaan.

Pasalnya kamu tidak perlu berbagi akses dengan pengguna lain. Keamanan maksimal dan akses penuh pada layanan cloud akan membuat kinerja website menjadi lebih baik. 

Manajemen data seluruhnya dapat kamu kelola dan kendalikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pada website. Sehingga pemanfaatannya bisa lebih optimal.

4. Server Cepat, Aman, dan Efisien

Website yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi untuk menjaga data perusahaan sangat cocok menggunakan bare metal. Selain itu, daya dan kinerja yang bagus dan konstan juga dapat membuat kinerja website lebih optimal. 

Saat menggunakan server ini juga tidak memerlukan banyak lapisan sehingga pengelolaan hardware lebih mudah melalui cloud. Server yang dikhususkan untuk satu pengguna juga membuat server ini lebih cepat dan efisien. 

Server yang cepat, aman, dan efisien terbukti dapat meningkatkan kinerja dari website. Sehingga traffic dapat meningkat lebih tinggi, akan tetapi dengan risiko down server yang rendah. 

Mengapa Pilih Dedicated Hosting 

Mengapa kamu harus memilih dedicated hosting? Ini menjadi pilihan terbaik untuk bisnis kamu. Dari banyaknya pemilik website yang sering mendapati masalah teknis sampai konfigurasi server. 

Dedicated hosting hadir untuk memberikan solusi serta menjadi jawaban atas permasalahan tersebut. Kinerja website sangat bergantung pada server hosting. Oleh karena itu, kamu perlu memilih hosting terbaik untuk website bisnis. 

Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masalah yang sering muncul pada server. 

Pilihan Paket Dedicated Hosting Server

Ada beberapa paket dedicated hosting yang tersedia untuk memaksimalkan website bisnis kamu. Kamu juga bisa memilih bare metal server vs dedicated server. Berikut sejumlah paket yang bisa kamu pilih: 

1. Paket Diamond 

Server yang juga cocok untuk support ekspansi bisnis kamu adalah paket Diamond. Untuk mendapatkan paket ini kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar 900 ribu per bulan. 

Dari biaya tersebut kamu akan mendapatkan berbagai macam kelebihan seperti Extended Backup dan Exclusive Line Priority Support. Fasilitas yang kamu dapatkan berupa 120 GB Disk Space Quota, 9 Core CPU Speed, dan 10 GB RAM.

Selain itu, ada fasilitas lainnya yakni Queue-Free Service yang akan kamu dapatkan dan tentunya gratis. 

2. Paket Dedicated Server

Kamu butuh paket yang lebih fantastis? Bisa pilih Dedicated Server gratis cPanel Bare Metal. Kamu bisa mewujudkan investasi IT yang terbaik didukung dengan tim teknis yang ahli dan bersertifikat.

Fasilitas terbaik yang akan kamu dapatkan berupa CPU E3-1230 , Memory 32 GB, Storage 480GB, serta Unlimited Public BandWidth. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan Unlimited Private BandWidth

Tentunya yang lebih eksklusif kamu akan mendapatkan Free cPanel Bare Metal dan Free Smarthand. Dengan bare metal Dedicated Server, website kamu akan jauh lebih optimal. 

Fitur Dedicated Hosting Server

Berikut beberapa fitur dari dedicated server yang perlu kamu ketahui untuk meningkatkan pengalaman website bisnis:

1. Exclusive Line Priority Support

Fitur yang satu ini merupakan layanan dukungan prioritas yang melalui jalur khusus dan langsung terhubung dengan tim teknis. Sehingga masalah yang dialami dapat dengan cepat terselesaikan. 

Fitur ini hanya bisa kamu dapatkan dengan memilih paket dedicated server yang eksklusi dan terbaik. Oleh karena itu, kamu tidak perlu ragu untuk order paket ini.

2. Extended Backup

Fitur berikutnya yang spesial yakni Extended Backup. Tambahan ini tersedia dalam paket dedicated server. Fitur ini akan memberikan perlindungan serta keamanan ekstra terhadap data kamu.

Fitur yang eksklusi ini sangat mampu menunjang proteksi keamanan data serta menjadi backup tambahan di tingkat yang lebih tinggi. Nah, sekarang kamu sudah mengetahui kelebihan dari bare metal server yang menjadi server eksklusif bagi kalangan pebisnis.