logo trikamedia white landscape

Cara Membangun Personal Branding yang Baik (6 Metode)

Membangun personal branding

Personal branding merupakan strategi yang efektif untuk mempromosikan diri Anda di dunia profesional. Dengan mengetahui cara membangun personal branding yang baik, Anda pun bisa membangun perjalanan karier yang sukses.

Selain itu, Anda dapat menarik lebih banyak target audiens atau followers di media sosial, calon klien, hingga peluang kerja sama dengan perusahaan besar. Tapi, bagaimana sih cara membangun self-branding yang kuat?

Nah, melalui artikel ini kami akan merekomendasikan cara membangun personal branding yang efektif untuk membantu Anda mengembangkan diri dan mencapai tujuan karier Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan contoh personal branding sebagai inspirasi.

Yuk simak penjelasan kami mengenai pengertian personal branding.

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding merupakan keahlian, pengalaman, hingga kepribadian unik yang merepresentasikan Anda dan ingin Anda tunjukkan ke target audiens.

Jika Anda ingin diakui sebagai ahli atau menjadi sosok berpengaruh di suatu bidang, self branding yang efektif bisa menjadi langkah yang sangat penting. Dengan personal branding, Anda dapat mempengaruhi persepsi publik tentang keahlian Anda di suatu industri, meningkatkan kredibilitas, dan membuat diri Anda tampak unik.

Intinya, personal branding adalah bagaimana cara Anda mengekspresikan diri. Namun, membangun personal branding melibatkan strategi tertentu agar Anda dapat dikenal dan diingat oleh orang lain.

Lantas, bagaimana cara membangun personal branding yang kuat? Mari kita pelajari langkah-langkahnya di bagian selanjutnya.

Cara Meningkatkan Personal Branding

Di era digital ini, personal branding memainkan peran utama dalam kesuksesan banyak YouTuber, blogger, hingga pebisnis. Kepribadian merekalah yang membuat mereka mudah didekati, dapat dipercaya, dan mudah diingat. Bahkan bisa dibilang, personal branding adalah aset terbesar mereka.

Untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka, setidaknya ada 7 cara membangun personal branding yang perlu Anda lakukan, yaitu :

1. Identifikasi Kelebihan dan Keunikan Anda

Identifikasi personal branding

Cara membangun personal branding yang pertama adalah identifikasi kelebihan dan keunikan Anda. Kenali keunggulan dan apa yang membedakan Anda dari orang lain di bidang yang sama.

Luangkan waktu untuk memahami kekuatan Anda dan fokuslah pada penyampaian kualitas-kualitas tersebut dalam personal branding Anda. Hal ini dapat membantu Anda tampak menonjol dan meninggalkan kesan yang mudah diingat oleh orang lain.

Tekankan keunikan Anda dalam konten-konten yang dibuat saat merancang personal branding. Namun, tak cuma strategi content marketing, Anda juga harus mengamalkan taktik ini secara offline.

Hal ini mencakup bagaimana Anda berperilaku di tempat kerja, bagaimana Anda memperlakukan orang-orang di sekitar, bagaimana Anda menangani krisis tertentu, dan bahkan tindakan Anda ketika resign dari suatu pekerjaan.

2. Tentukan Bagaimana Anda Ingin Dilihat

Selain menunjukkan siapa diri Anda saat ini, Anda juga perlu memikirkan reputasi di masa mendatang yang sesuai dengan tujuan Anda sebagai salah satu cara membangun personal branding yang baik.

Selain memahami keterampilan dan kompetensi yang dimiliki saat ini, Anda perlu menilai kekuatan dan kelemahan Anda yang berkaitan dengan industri atau karier apapun yang ingin Anda tekuni.

Dengan cara membangun self-branding ini, Anda akan tahu area mana yang perlu diperbaiki sehingga Anda bisa berkembang secara profesional.

Memikirkan dan mencatat dimana Anda ingin berada dalam kurun waktu tertentu juga dapat membantu Anda menentukan langkah apa yang perlu diambil selama membangun personal branding.

3. Kenali Audiens Anda

Mengenali audiens

Penting untuk menentukan target audiens dalam cara membangun personal branding yang baik. Kalau Anda sedang mencari pekerjaan baru, recruiter di bidang yang Anda geluti termasuk ke dalam audiens yang menjadi target ini.

Menarget audiens tertentu bukan berarti Anda menciptakan batasan atau menutup pintu peluang karier. Justru, inilah langkah yang membuat Anda memiliki peluang lebih besar untuk tampil di industri yang kompetitif.

Jadi, identifikasi siapa yang ingin Anda tuju, lalu gunakan karakteristik audiens tersebut untuk mengembangkan branding.

4. Gunakan Media Sosial untuk Berinteraksi dengan Audiens

Audiens sosial media

Salah satu aspek paling dalam cara membangun personal branding adalah memastikan kehadiran online Anda menarik bagi target audiens Anda.

Kalau ingin target audiens memahami siapa Anda dan mengapa mereka harus peduli dengan apa yang ingin Anda sampaikan, ceritakanlah kisah personal Anda di media sosial.

Pertama-tama, gunakan platform media sosial dimana target audiens Anda berada. Bukan berarti Anda hanya perlu memilih satu platform, tapi akan lebih baik jika Anda sangat selektif dalam hal ini. Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan platform sosial media adalah jenis konten yang akan Anda buat.

Sebagai contoh, Instagram adalah platform sosial media terbaik untuk konten visual. Oleh karena itu, Instagram cocok bagi mereka yang berkecimpung di bidang makanan, seni, desain, dan fotografi.

5. Bangun Networking

Cara mempertahankan pelanggan

Networking adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam personal branding. Melalui networking, Anda bisa bertemu dengan teman, peluang kerja yang lebih baik, klien, investor, atau bahkan mentor baru.

Anda bisa mulai melakukan networking dari internet. Biasanya, setiap bidang pekerjaan mempunyai komunitasnya masing-masing. Disini, orang-orang akan berbagi keahlian mereka, sehingga komunitas tersebut menjadi tempat yang dikunjungi mereka yang sedang butuh bantuan dan saran.

Dengan begitu, komunitas adalah tempat terbaik untuk membangun personal branding. Jika bergabung dengan grup yang relevan dengan niche Anda dan secara konsisten memposting konten yang memiliki value bagi orang lain, Anda akan dikenal dan perlahan bisa membangun personal branding.

6. Jaga Konsistensi

Konsistensi adalah kunci penting dalam cara membangun personal branding yang kuat. Tetaplah konsisten saat menyampaikan pesan, berperilaku, dan berinteraksi dengan audiens.

Mempunyai kehadiran yang konsisten sangat penting untuk membangun hubungan dan kredibilitas dengan audiens. Anda tidak harus memposting di platform tertentu setiap hari kok.

Anda dapat mengupload 2 postingan dan berkomentar di 3-5 postingan populer setiap minggunya. Dengan begitu, Anda jadi dikenal dan diingat oleh orang-orang di dalam industri tersebut.

Mengapa Anda Harus Membangun Personal Branding?

Kenapa Anda harus memperhatikan self-branding? Berikut beberapa alasan pentingnya personal branding :

  • Membedakan Anda dengan Kompetitor. Dalam lautan informasi yang tak terbatas, personal branding membantu Anda menonjol. Ini membedakan Anda dari pesaing dan membuat Anda dikenali atas keahlian unik yang dimiliki.
  • Membuka Peluang Karier. Personal branding membuka pintu peluang baru. Ketika Anda dikenal sebagai ahli dalam bidang tertentu, peluang untuk bekerja sama, berkolaborasi, atau bahkan peluang karier lebih mudah terbuka.
  • Meningkatkan kepercayaan orang lain pada Anda. Personal branding yang kuat menciptakan rasa kepercayaan di antara audiens Anda. Ketika Anda konsisten dalam menyampaikan pesan, nilai , dan kualitas, audiens lebih cenderung mempercayai apa yang Anda tawarkan.
  • Membangun Rasa Percaya Diri. Proses merancang personal branding itu perlu pemahaman mendalam tentang diri Anda. Ini membantu membangun keyakinan diri, karena Anda lebih sadar akan nilai dan keahlian yang dimiliki.

Sudah Siap Membangun Personal Branding Anda?

Saat ini, semakin banyak recruiter yang menggunakan internet untuk melakukan pencarian latar belakang serta mengukur karakter dan minat calon karyawan perusahaan. Dengan mengikuti tips membangun citra diri di artikel ini, Anda dapat meningkatkan visibilitas dan membuka peluang baru untuk perjalanan karier Anda. Sebagai contoh, Gari Cruze merupakan seorang copywriter yang dapat Anda jadikan sebagai salah satu referensi dalam membangun personal branding.

Untuk mendukung membangun personal branding Anda, pastikan koneksi internet Anda stabil dengan WiFi dari Trikamedia.