Percaya atau tidak, digital branding adalah salah satu kunci cara sukses jualan online. Sebab, inilah era digital di mana sebagian besar mengakses internet untuk mencari informasi maupun berbelanja.
Anda tak boleh ketinggalan memanfaatkan internet untuk membangun identitas online bisnis Anda dengan digital branding.
Bagi Anda baru yang memulai atau sedang menjalankan sebuah bisnis, artikel ini akan membantu memberikan informasi tentang apa itu digital branding dan apa saja strategi digital branding yang paling ampuh untuk bisnis Anda.
Sudah siap? Kalau sudah, mari kita mulai pembahasannya!
Untuk bisa memahami apa itu digital branding, Anda perlu tahu dulu apa sebenarnya pengertian branding, dan apa saja yang termasuk di dalamnya. Jadi, simak dulu penjelasan tentang branding di bawah ini ya..
Branding adalah proses kreatif untuk memberitahu audiens informasi tentang perusahaan Anda sehingga akan meninggalkan kesan mendalam bagi audiens.
Ketika melakukan branding, Anda perlu menjawab beberapa pertanyaannya berikut:
Nah, semua jawaban di atas dapat Anda jadikan titik awal merancang strategi untuk membangun upaya branding yang ideal.
Digital branding adalah upaya mendesain dan membangun brand Anda secara online dengan platform digital. Bisa melalui website, aplikasi, medaia sosial, dan lain-lain.
Di era komunikasi online, digital branding jadi satu cara yang paling masuk akal untuk menyampaikan nilai produk Anda dan membangun koneksi dengan pelanggan.
Dengan digital branding, bisnis Anda akan lebih mudah untuk menunjukkan kehadirannya di ruang digital. Branding digital juga akan membantu Anda dalam menjalankan berbagai strategi pemasaran produk.
Inilah perbedaan digital branding vs digital marketing dalam tabel sederhana berikut:
Digital branding penting karena memiliki banyak manfaat untuk membangun identitas online bisnis jangka panjang. Apalagi dengan begitu banyak peluang usaha baru yang bermunculan, Anda perlu waspada dengan persaingan yang semakin ketat.
Nah, ini dia manfaat digital branding:
Tak perlu bingung harus membangun strategi digital branding dari mana. Kami sudah merangkum 9 strategi paling ampuh lengkap dengan contoh digital branding yang bisa Anda praktikkan.
Logo seharusnya menjadi satu-satunya gambar yang pelanggan bisa kaitkan dengan merek. Coba lihat logo apel digigit, Anda akan tahu itu brand Apple. Coba lihat juga logo dengan gambar play button, Anda tahu persis bahwa itu adalah logo YouTube.
Logo sangat penting karena dialah yang menjadi identitas visual sebuah merek. Dengan bantuan logo, produk Anda akan lebih mudah dikenal dan diingat. Logo juga yang akan menjadi identitas utama di semua platform dan channel marketing yang Anda gunakan. Itulah mengapa penting untuk membuat logo yang mencerminkan kepribadian dan jiwa sebuah brand.
Jika ada terlalu banyak ide dan referensi yang membuat Anda bingung dalam menentukan logo, poin-poin di bawah ini akan sangat membantu:
Contoh logo brand yang populer dan sukses menyampaikan pesan, fungsi, dan misi bisnisnya dengan apik adalah Gojek.
Coba Anda perhatikan logo baru Gojek di atas dengan skema warnanya yang hijau. Logo bergambar tombol power ini menunjukkan bahwa dengan satu kali sentuh, Anda bisa menemukan berbagai layanan lain selain ojek online. Logo tersebut juga menggambarkan sebuah helm yang dipakai pengemudi gojek yang merupakan layanan utama dari Gojek.
Logo bisa disamakan dengan karakter dan nilai bisnis Anda, dan juga industri dan target pasar Anda. Menciptakan logo adalah langkah penting dalam menciptakan digital brand yang sukses. Jadi lakukanlah yang terbaik!
Jika logo adalah simbol dari bisnis Anda, maka website adalah tempat digital yang berfungsi sebagai etalase.
Ketika pelanggan ingin mengetahui lebih banyak tentang sebuah produk atau jasa: informasi umum, jam kerja pelayanan, siapa orang di balik layar, dan sebagainya, mereka akan mencarinya di internet.
Mereka akan mengetik nama brand Anda di Google, dan berharap menemukan website Anda di mesin pencari.
Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan ketika akan membuat website untuk bisnis:
Jika masih bingung, mulailah melihat berbagai referensi kami terkait desain web terbaik untuk sumber inspirasi.
Agar memenuhi kriteria user friendly, konten website dapat disusun ke dalam kategori atau subkategori yang sesuai. Kategori tadi juga harus diatur lagi ke dalam kelompok-kelompok seperti menu. Anda bisa membatasi strukturnya menjadi dua menu saja seperti menu → submenu.
Anda perlu juga memeriksa setiap link, tombol, dan gambar pada situs web Anda secara berkala. Ingat, error sekecil apa pun dapat memberikan kesan yang buruk.
Nah, di atas adalah contoh konsep digital branding website yang memiliki desain dan tampilan yang menarik.
Website Lemonilo adalah satu contoh website bisnis yang komplit. Anda bisa melihat produk sekaligus promo yang ditawarkan, bisa berbelanja, dan membaca konten menarik terkait kesehatan dan gaya hidup di blog.
Desainnya memanjakan mata, strukturnya user friendly, plus nama domainnya ringkas dan diingat. Bagaimana menurut Anda?
Brand messaging adalah apa yang ingin bisnis Anda sampaikan ke calon pelanggan. Misalnya, jika Anda membuka sebuah kedai kopi dengan biji kopi petani lokal, sebaiknya Anda menyebutkannya di brand message.
Pesan atau message yang Anda sampaikan harus sesuai dengan apa yang bisnis Anda lakukan dan misi bisnis Anda. Selain itu, jangan lupa untuk selalu fokus pada keinginan dan kebutuhan pelanggan.
Brand messaging yang sukses harus bisa menjawab tiga pertanyaan di bawah ini:
Bukan hal yang mudah untuk membuat brand messaging yang berkesan di pasar yang begitu ramai. Tapi bukan berarti tidak mungkin, kan? Kuncinya adalah dengan mencari keunikan agar produk atau layanan Anda mudah diingat. Bagaimana caranya? Anda bisa lihat poin-poin di bawah ini:
Oya, ingat selalu bahwa brand messaging disampaikan ke audiens secara online. Sehingga, Anda perlu mengikuti apa yang sedang tren di internet. Misalnya lewat meme, GIF, animasi, atau apa pun yang sedang tren.
Search Engine Optimization memastikan brand Anda dan apa yang ditawarkan menjadi mudah ditemukan oleh mesin pencari.
Anda bisa menggunakan tool seperti Ahrefs, Ubersuggest, atau Keyword Tool untuk menemukan rekomendasi kata kunci yang bisa digunakan dalam artikel Anda. Gunakan juga meta tag (potongan teks yang menggambarkan isi halaman) agar dapat lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.
Ada delapan indikator utama SEO. Meskipun begitu, indikator ini bisa saja berubah karena bergantung dengan algoritma Google. Apa saja kedelapan indikator utama SEO untuk saat ini? Anda bisa lihat listnya di bawah ini:
Struktur URL yang sederhana akan mempermudah mesin pencari mengenali website Anda.
Misalnya seperti: https://www.sebuah website.id/judulkonten
SSL/TLS berfungsi mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website agar keamanan data pengguna terjamin. Website yang tidak memiliki SSL/TLS juga akan ditandai Google Chrome sebagai not secure.
Untuk membangun struktur website yang baik, Anda perlu memiliki beberapa konten dengan topik yang saling berhubungan. Misalnya Anda menulis konten blog dengan topik utama kuliner. Maka sebaiknya, Anda juga menulis konten tentang wisata, atau resep makanan, atau sejarah menu masakan.
Search intent atau maksud pencarian adalah apa yang diinginkan dari mayoritas pencari terhadap sebuah keyword. Contohnya ketika Anda memasukkan keyword “rumah” di Google. Maka hasil pencarian teratasnya akan muncul seperti ini:
Hasil pencarian di atas menunjukkan bahwa, mayoritas pengguna yang mencari kata kunci “rumah” bermaksud untuk membeli atau menjual rumah. Artinya, Google mengutamakan konten yang search intent-nya sesuai dengan mayoritas pengguna.
Selain membuat konten yang sesuai dengan search intent, Anda harus membuat konten yang mudah dimengerti. Caranya: Gunakan struktur yang rapi dan jelas, kalimat pendek-pendek, dan gunakan heading maupun subheading.
Meta tags adalah gabungan dari title tag dan meta description. Fungsi meta tag yaitu membantu Google untuk memahami keseluruhan konten di website Anda. Title tag atau judul artikel yang muncul di hasil pencarian tidak boleh terlalu panjang. Sedangkan untuk meta description atau deskripsi konten, panjangnya maksimal 130 karakter saja.
Backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Semakin banyak backlink ke website Anda, maka semakin kredibel website Anda menurut Google. Namun, tentu backlink tersebut harus berasal dari website atau blog yang berkualitas.
Mulai 2018, Google menetapkan bahwa kecepatan loading website adalah salah satu indikator utama SEO. Itu artinya, semakin cepat loading website Anda, semakin besar kemungkinan website Anda muncul di peringkat atas hasil pencarian Google.
Hampir semua orang, mungkin termasuk nenek Anda di rumah, memiliki sosial media. Sejak kemunculannya, sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya memang telah mengisi sebagian besar sisi kehidupan manusia. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan peran media sosial untuk digital branding agar menarik lebih banyak pelanggan.
Anda bisa sesuaikan setiap postingan tentang brand Anda dengan platform sosial medianya, seperti di bawah ini.
Ketika menggunakan media sosial, bersikaplah seperti para influencer: jadwalkan kapan Anda akan memposting konten Anda, perhatikan komentar dari siapapun, dan responslah direct message yang masuk. Jangan lupa juga untuk terus memantau perkembangan yang ada.
Anda bisa menggunakan tool seperti Hootsuit untuk memantau semua platform media sosial Anda dan melacak keterlibatan audiens.
Hootsuit dapat membantu Anda mengelola semua platform media sosial yang Anda gunakan.
Dengan berbagai tool keren di luar sana yang dapat memasarkan merek Anda secara digital, rasanya lebih mudah untuk melupakan email begitu saja. Padahal email adalah salah satu cara mudah untuk menjangkau pelanggan, terutama yang tidak menggunakan sosial media.
Perhatikan juga beberapa hal di bawah ini mengenai email marketing:
Salah satu contoh brand yang gencar melakukan digital branding dengan email marketing adalah Traveloka. Terlepas dari brand ini merupakan pionir layanan pemesanan tiket dan booking hotel. Traveloka telah membuktikan bahwa digital branding jadi kunci sukses bisnis yang dirintis dari nol ini.
Iklan online dapat dijadikan salah satu digital branding yang sangat ampuh karena lebih terukur dan beragam formatnya. Saat ini ada begitu banyak media untuk beriklan di dunia digital, seperti:
Tidaklah mudah membuat pelanggan setia terhadap brand Anda, dan membuatnya terus kembali untuk membeli produk atau layanan Anda. Itu mengapa membangun ikatan begitu penting.
Konten marketing adalah salah satu cara ampuh untuk menciptakan ikatan antara audiens dan produk Anda. Konten marketing pula yang membuat branding secara digital lebih manusiawi.
Jika pemasaran digital menekankan penjualan, pemasaran konten lebih fokus pada keterlibatan audiens dengan konten Anda. Berikut ada beberapa strategi konten marketing yang bisa Anda ambil:
Anda bisa menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time-Bound) dalam menentukan tujuan. SMART bisa diartikan sebagai metode yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki deadline.
Buyer persona merupakan representasi dari tipikal target pelanggan bisnis Anda. Buyer persona yang berisi data demografis: jenis kelamin, umur, lokasi, kepribadian, dan informasi lain terkait calon pembeli.
Untuk menerbitkan konten, Anda perlu platform. Saat ini, WordPress masih menjadi platform terbaik untuk menerbitkan konten blog.
Ide konten bisa Anda dapatkan dari brainstorming bersama anggota tim Anda dengan mempertimbangkan buyer persona.
Anda bisa membuat konten untuk tiap tahapan buyers journey. Misalnya di tahap awareness, ketika seseorang sedang mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang sebuah produk. Anda bisa membuat konten blog post yang edukatif seperti e-book atau laporan penelitian.
Di tahap consideration, ketika seseorang sedang mempertimbangkan untuk membeli sebuah produk. Anda bisa membuat konten seperti sebuah panduan ahli, video atau blog post tentang perbandingan suatu produk.
Sedangkan di tahap decision, ketika seseorang telah memutuskan untuk membeli produk. Anda bisa membuat konten seperti case studies, tutorial, review testing produk, atau promo diskon.
Untuk terus memberikan konten yang terbaik, Anda perlu melakukan audit konten. Audit konten bisa berupa, menghapus konten-konten yang sudah outdated, membenahi konten agar SEO friendly, memperbarui konten agar bisa up to date, dan sebagainya.
Konten marketing yang sukses seharusnya dapat membuat audiens tertarik dan antusias dengan brand Anda. Yang tadinya mungkin sekadar pembeli produk kemudian berubah menjadi die hard fans.
Influencer marketing adalah bentuk marketing yang menggunakan orang dengan pengikut sosial media yang besar untuk memposting tentang brand Anda. Prosesnya juga tidak terlalu rumit:
Marketing terasa lebih organik jika berada di tangan orang yang tepat. Meskipun influencer dibayar untuk berbicara tentang merek Anda, mereka akan membuat konten sesuai dengan gaya dan kreativitas yang mereka miliki. Dengan begini, tentu tugas tim marketing jadi sedikit lebih ringan.
Soal memilih siapa influencer yang tepat juga tidak bisa asal. Anda harus memilih influencer yang sesuai dengan brand Anda. Ada berbagai macam influencer yang bisa Anda jadikan pilihan, berikut enam jenis influencer berdasarkan jumlah follower:
Sekarang sudah jelas kan apa itu digital branding dan apa saja strateginya yang paling ampuh? Itu artinya, sudah saatnya Anda praktik! Ada sembilan cara yang bisa Anda gunakan untuk hasil yang maksimal.
Namun, Anda bisa juga mencoba beberapa strategi dulu yang menurut Anda paling mudah dan penting. Misalnya, Anda bisa mulai dari membuat logo, memanfaatkan sosial media, atau membuat website.