Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google? Itulah kenapa persaingan di halaman pertama Google begitu ketat. Google senjata memiliki banyak faktor penilaian agar bisa adil dan mencegah manipulasi.
Namun untungnya, Anda tidak harus memenuhi semua faktor Google Ranking tersebut untuk mendapatkan peringkat pertama. Sebab, 200 faktor Ranking Google itu tidak semua bobotnya sama.
Namun untungnya, Anda tidak harus memenuhi semua faktor Google Ranking tersebut untuk mendapatkan peringkat pertama. Sebab, 200 faktor Ranking Google itu tidak semua bobotnya sama.
Jadi, Anda lebih baik fokuskan saja strategi SEO pada faktor-faktor utama yang paling mempengaruhi penilaian Google, yaitu :
1. Kualitas Konten
2. Backlink
3. Search Intent
4. Kecepatan Website
5. Mobile Friendly
6. Domain Authority
7. Optimasi Kata Kunci
8. Struktur Website
9. Keamanan
10. User Experience
11. Informasi Bisnis yang Relevan
Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita masuk kedalam pembahasan artikel kita kali ini.
Algoritma Google selalu diperbaharui dan disempurnakan. Jadi faktor Ranking Google utama dibawah ini juga bisa berubah sewaktu-waktu.
Untuk sekarang, 11 faktor ini memang menjadi yang utama. Namun, jika ada perubahan di masa depan, kami akan memperbarui artikel ini secepatnya.
Di tahun 1996 silam pendiri Microsoft Bill Gates pernah berkata, “Content is King”. Dan 24 tahun kemudian, perkataan beliau itu masih berlaku. Di mata Google, kontent adalah Raja yang harus diutamakan.
Konten yang berkualitas tinggi akan mendapatkan peringkat tinggi pula di SERP atau hasil pencarian Google. Saking pentingnya, jika website memenuhi kebanyakan faktor di artikel ini tapi kontennya asal-asalan, website tersebut tetap tak akan mendapatkan peringkat satu.
Kejam? Tidak juga.
Sebab, faktor kualitas konten ini bisa dikatakan berhubungan erat dengan misi Google. Google diciptakan dengan tujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan mudah diakses oleh semua orang. Kalau kontennya asal-asalan, berarti tidak akan bermanfaat, bukan?
Maka dari itu, saat Anda membuat konten, perhatikan beberapa hal ini :
Konten yang lengkap itu tak harus panjang karena tak ada aturan baku mengenai jumlah katanya. Ada yang mengharuskan minimal 2.500 kata, ada juga yang 1.890 kata. Namun, satu hal yang pasti : konten yang lengkap itu membahas topik tersebut dengan mendalam.
Misalnya, orang mencari dengan kata kunci “daftar film terbaik.” Sudah jelas kalau ia ingin mengetahui apa saja film terbaik yang pernah dibuat, kan?
Masih dengan contoh yang sama. Agar konten lengkap, usahakan Anda tak hanya memberikan daftar film saja tapi juga informasi lain terkait masing-masing film.
Mulai dari siapa sutradaranya, daftar pemain, budget, pendapat box office, penghargaan yang dimenangkan, review singkat Anda dan lain sebagainya.
Selain itu, jika website lain hanya memberikan dafttar 10 atau 15 film, Anda bisa memberikan 20, 25, atau berapapun film asal lebih banyak. Dengan begini, konten Anda lebih lengkap dan mendalam dibandingkan para website pesaing.
Faktor Ranking Google yang satu ini sebenarnya tergantung dari website dan kata kunci yang dicari.
Misalnya, website Anda adalh website berita. Berarti konten yang Anda muat merupakan berita yang infonya harus selalu update.
Contohnya, update jumlah korban kecelakaan, skor pertandingan di menit tertentu, dan lain sebagainya. Sehingga pencari selalu mendapatkan berita terbaru setiap ia mencari dengan kata kunci tersebut.
Namun berbeda lagi jika jenis konten yang dicari bukan berita, melainkan panduan atau daftar rekomendasi. Misalnya saja, “cara memakai dasi”.
Nah, seperti yang Anda tahu, bentuk dasi tidak banyak berubah dan cara memakainya juga sama saja sejak dulu. Sehingga panduan dari tahun berapapun bisa menghiasi puncak Google.
Hal yang sama juga berlaku pada konten rekomendasi atau listicle. Misalnya kata kunci “kipas angin terbaik”. Google tahu bahwa perusahaan kipas angin tidak mengeluarkan produk baru setiap hari. Sehingga rekomendasi dari beberapa bulan/tahun yang lalu juga sama bagusnya.
Buat apa konten panjang, terbaru, tapi ternyata menyesatkan/hoax belaka. Bayangkan saja ada pengguna yang mencari “presiden pertama Indonesia” dan yang muncul adalah Atta Halilintar. Bisa-bisa pengguna meninggalkan Google dan lari ke mesin pencari lain.
Apalagi jika kata kunci yang dicari berhubungan dengan nyawa orang, seperti “dosis lansoprazole”. Jika Google salah menampilkan dosisnya dengan tepat, bisa-bisa pengguna overdosis atau tidak sembuh-sembuh dari penyakitnya.
Maka dari itu, Anda harus membuat konten yang isinya fakta dan jangan coba-coba menipu Google atau pengguna. Sebab, Google menggunakan algoritma canggih seperti Knowledge Graph dan SEO Database untuk mendeteksi konten menyesatkan di hasil pencariannya.
Tak sedikit pemilik website yang meremehkan struktur konten di websitenya. Padahal, pengunjung akan muak jika konten berantakan karena merak tak bisa mendapatkan info yang dicari dengan mudah. Dengan begini, konten sama saja sia-sia dan tak bermanfaat bagi pengunjung.
Jadi, saat Anda membuat konten wajib untuk memperhatikan strukturnya. Umumnya, artikel dibagi menjadi tiga bagian : pembuka, isi, dan kesimpulan.
Jangan sampai Anda kebalik-balik memasukkan pembahasan di masing-masing bagian, ya. Sebab, itu benar-benar akan membuat pengunjung Anda kebingungan.
Selain itu, Anda bisa menggunakan headings dan subheadings (H2, H3, H4, dan seterusnya) jika poin pembahasan masih sama.
Jangan lupa juga untuk memanfaatkan bullets point jika Anda menjelaskan beberapa hal sekaligus. Apalagi, bullets point itu juga bisa memperbesar kesempatan Anda ditampilkan di cuplikan pilihan (featured snippet).
Hasilnya dari upaya SEO Off Page juga termasuk dalam faktor ranking Google. Salah satunya yaitu backlink.
Backlink adalah link yang dipasang di website lain yang mengarah ke website Anda sendiri. Semakin banyak backlink, semakin website Anda itu dianggap penting, bermanfaat, dan bisa dipercaya.
Sebab, website lain tak ragu menjadikan Anda sebagai panutannya. Walau Anda kompetitornya sekalipun. Inilah kenapa backlink menjadi salah satu faktor utama Google Ranking.
Namun, Anda harus berhati-hati dengan backlink. Seperti konten, backlink juga haruslah berkualitas tinggi. Jadi, Anda tak bisa sembarangan saja menerima backlink dari website yang asal-asalan.
Backlink Anda haruslah relevan dan berasal dari website terpercaya dengan trafik stabil. Tak apa jumlah backlink sedikit, asalkan berkualitas. Daripada backlink asal-asalan dari website tak jelas yang tidak nyambung sama sekali.
Singkatnya, search intent adalah apa yang sebenarnya dicari oleh pengguna tersebut di Google. Jika pengguna mencari “tips ternak lele” berarti ia mencari tips/panduan cara ternak lele yang baik dan benar. Bukannya mencari mengenai sejarah dan asal-usul kenapa ternak lele ada di Indonesia.
Atau saat pengguna mencari “beli kucing import” berarti ia sedang mencari website yang menjual kucing import karena ia ingin membelinya. Bukannya mencari cara untuk menyelundupkan kucing import dari luar negeri.
Kalau sudah salah kaprah begitu, Google tak akan memberikan posisi puncak untuk Anda. Sebab, konten Anda tak bermanfaat dan tidak memenuhi kebutuhan pengguna.
Maka dari itu, setiap Anda hendak membuat konten, pastikan pembahasannya sesuai dengan search intent pengguna. Untuk mengetahuinya, Anda bisa melakukan riset kata kunci terlebih dahulu.
Siapa yang tidak sebal jika mengklik suatu website di hasil pencarian Google, tapi websitenya tak kunjung terbuka? Padahal, pengguna tersebut ingin segera mendapatkan jawaban karena berniat impress gebetan dengan rayuan gombal dari Google.
Nah, Google paham betul akan hal ini. Google sadar bahwa orang-orang ingin mendapatkan informasi yang cepat dan tak mau berlama-lama melihat ikon loading berputar. Jadi, Google akan memprioritaskan website cepat di hasil pencariannya.
Zaman sekarang, smartphone merupakan aspek yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern. Bahkan, 52,2% trafik website itu berasal dari perangkat mobile, lho.
Jadi, bukan suatu hal yang mengejutkan kalau di tahun 2018 lalu, Google menerapkan algoritma baru, yakni Google Mobile First Indes. Algoritma tersebut lebih mengutamakan performa website di perangkat mobile daripada di komputer.
Artinya, website yang berat dibuka dan mempunyai tampilan yang berantakan saat diakses lewat smartphone, peringkatnya akan terjun bebas. Bahkan, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada halaman satu Google.
Bisa dikatakan kalau Domain Authority (DA) adalah cara Google menilai reputasi dan keahlian suatu website mengenai topik yang dibahas. Dengan kata lain, semakin tinggi nilainya (0-100), semakin Google percaya bahwa Anda memang ahli di topik tersebut dan bisa memberikan konten yang berkualitas.
Hasilnya, website dengan nilai tinggi kemungkinan posisinya juga akan lebih tinggi di hasil pencarian. Sama dengan saat di sekolah di mana siswa yang mendapatkan nilai bagus, lebih memungkinkan untuk mendapatkan rangking 10 besar. Untuk melihat nilai DA website Anda bisa menggunakan tools seperti Ahrefs atau Moz.
Orang mencari sesuatu di Google menggunakan kata kunci tertentu. Sehingga lumrah kalau kata kunci menjadi faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa konten yang diterbitkan sudah dioptimasi kata kuncinya.
Optimasi kata kunci ini dikenal juga dengan SEO On Page. Dimana Anda tak hanya memasukkan kata kunci di dalam konten saja. Melainkan juga pada meta description, gambar, title tags, dan masih banyak lainnya.
Selain struktur konten yang sudah dibahas di atas, struktur website ternyata juga menjadi faktor utama Google Ranking lho.
Kenapa demikian? Sebab, struktur yang rapi memudahkan Googlebot untuk melakukan proses indexing di website Anda.
Singkatnya, Googlebot adalah web crawler yang bertanggung jawab untuk memasukkan website Anda ke database Google. Sehingga website Anda akan muncul di hasil pencarian saat pengguna mencari kata kunci tertentu di Google. Nah, proses ini dinamakan indexing.
Dari penjelasan di atas bisa Anda lihat bahwa proses indexing adalah hal yang sangat penting. Jadi, jangan sampai Googlebot kesulitan saat melakukan pekerjaanya di website Anda.
Kejahatan cyber semakin merajalela dari hari ke hari. Bahkan, ada sekitar 90 ribu serangan hacker di WordPress setiap menitnya, lho.
Jadi, tak heran kalau Google menjadikan keamanan sebagai faktor yang mempengaruhi peringkat website sejak tahun 2014 silam. Google tak mau menampilkan website yang tidak aman di posisi atas karena sama saja menyuruh pengguna masuk ke kandang buaya.
User Experience adalah bagaimana pengalaman pengunjung berinteraksi dengan website Anda. Apakah pengunjung merasa kesulitan saat mencari apa yang ia butuhkan? Atau interaksinya berjalan lancar dan meraka dengan mudah menemukannya?
Nah, bisa Anda tebak bahwa website dengan UX yang buruk tidak akan diprioritaskan Google di posisi atas hasil pencarian. Sebab, website tersebut menyulitkan pengunjung dan membuat mereka frustasi.
Lalu, bagaimana Google bisa tahu mana website dengan UX yang bagus dan yang buruk? Apakah pengguna melaporkannya ke Google?
Tidak. bukan seperti itu. Melainkan, Google menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang canggih bernama RankBrain.
RankBrain ini menilai UX website Anda berdasarkan tiga faktor :
– CTR
CTR (click-through-rate) adalah persentase berapa banyak orang yang mengklik website Anda di hasil pencarian Google. Misalnya, website Anda muncul di Google 1000 kali dengan kata kunci “anak kucing”, tapi hanya di klik pencarian 100 kali saja. Nah, berarti CTR Anda adalah 10%.
Google menganggap CTR yang tinggi adalah tanda bahwa website tersebut itu relevan dan solutif bagi para pencari.
– Bounce Rate
Singkatnya, bounce rate adalah persentase orang yang langsung meninggalkan website Anda setelah membuka satu halaman tanpa melakukan interaksi apapun. Sekedar mengklik menu atau link satu pun juga tidak.
Nah, berkebalikan dengan CTR, bounce rate yang tinggi justru menunjukkan hal yang buruk. Semakin tinggi persentase bounce rate Anda berarti kualitas konten di halaman tersebut sangat rendah. Entah karena tak sesuai search intent, tidak update, menyesatkan, atau alasan yang lain.
Kalau sudah begitu, Google tak akan memberikan posisi puncak karena website Anda tidak bermanfaat dan tak relevan.
– Dwell Time
Dwell TIme adalah berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung di website Anda setelah mengkliknya dari hasil pencarian Google. Semakin tinggi dwell time, semakin baik.
Yup, dwell time hampir mirip dengan bounce rate diatas. Bedanya, bounce rate fokus di satu halaman saja, sedangkan dwell time di seluruh website Anda.
Faktor Google Ranking terakhir ini berlaku khusus bagi Anda yang memiliki bisnis online. Google meranking brand yang ia anggap paling kredibel, terpercaya, dan relevan di hasil pencariannya.
Jadi, semakin jelas dna konsisten informasi terkait bisnis Anda di internet, semakin Google akan memprioritaskannya.
Faktor Ranking Google yang satu ini disebut juga dengan Local SEO dan setidaknya ada tiga hal yang harus Anda perhatikan :
– Nama, alamat lengkap, dan nomor telepon yang sama saat ditampilkan di berbagai tempat;
– Sudah mendaftar dan melengkapi profil di Google Bisnisku;
– Memiliki ulasan konsumen di Google dan website review lainnya;
Setelah membaca artikel ini, apakah Anda jadi bertanya-tanya : “Sebenarnya SEO itu untuk menyenangkan Google atau pengguna sih?”
Jawabannya, untuk menyenangkan kedua-duanya.
Yup, Google dan penggunanya harus lah bahagia agar website Anda bisa berada di puncak.
Meskipun demikian, Anda tetap harus memprioritaskan pengguna. Kenapa? Ingat tujuan Google diciptakan : untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan mudah diakses oleh semua orang.
Terdengar sulit? Mungkin saja, Namun tenang saja, semua jerih payah, waktu, dan tenaga yang Anda keluarkan akan terbayarkan dengan manis di akhir.
Bahkan, tak berlebihan mengatakan kalau mendapatkan posisi nomor satu di Google itu bagaikan menemukan jin dalam botol yang bisa mengabulkan semua permintaan.
Anda ingin website terkenal? Bisa! Ingin bisnis online laris manis? Tentu bisa! Ingin pendapatan AdSense ratusan juta? Jelas bisa!
Maka dari itu, segera fokuskan strategi SEO Anda dengan 11 faktor Google Ranking mulai dari sekarang. Agar dapat mensukseskan strategi SEO Anda, pastikan Anda sudah menggunakan koneksi internet dari Trikamedia!