Facebook berganti nama menjadi Meta!
Informasi ini diumumkan CEO Facebook, Mark Zuckerberg tanggal 28 Oktober 2021 pada acara Connect 2021. Penggantian nama ini adalah bagian dari langkah mereka menyongsong masa depan yang lebih fokus ke Metaverse.
Nah, sebenarnya kenapa Facebook mengubah namanya? Apa makna dibalik nama Meta? Lantas, bagaimana kelangsungan platform Facebook yang ada saat ini?
Langsung saja, ini dia informasi selengkapnya.
Setelah hampir dua dekade berdiri, Facebook Inc. Memutuskan mengganti namanya menjadi Meta Platform Inc. Perubahan ini dilakukan karena kebutuhan rebranding sesuai dengan cita-cita perusahaan di masa depan.
Mark Zuckerberg menyatakan bahwa Facebook dikenal sebagai platform media sosial, dan hal tersebut sudah tidak mencerminkan visi perusahaan untuk masa mendatang.
“Kami adalah perusahaan yang melakukan lebih dari itu (sosial media). Kami merupakan perusahaan yang membangun teknologi untuk membantu setiap orang agar saling terhubung”. Ungkap Mark Zuckerberg via The Verge.
Nama Meta dianggap lebih mencerminkan nilai-nilai perusahaan dan apa yang akan mereka bangun. Meta ingin lebih dari sekedar media sosial, tapi seolah platform dengan layanan Metaverse.
Dengan perubahan dan visi tersebut, perusahaan Mark Zuckerberg ini akan memiliki dua divisi yakni divisi platform media sosial seperti yang sudah ada, dan divisi platform masa depan dengan pengalaman Metaverse.
Ada Apa Dibalik Nama Meta?
Meta berasal dari kata Metaverse yang merupakan gagasan dunia virtual tiga dimensi tempat orang bisa berinteraksi di ranah online secara real time.
Metaverse merupakan gabungan dari beberapa elemen teknologi yang ada saat ini, seperti Virtual Reality dan Augmented Reality. Hasilnya, pengguna dapat berinteraksi satu sama lain secara lebih nyata.
Melalui lama resmi, Zuckerberg menjelaskan sebagai berikut :
“Hal yang memberdakan Metaverse (dari teknologi serupa) adalah adanya perasaan kehadiran, seolah-olah Anda sedang bersama orang lain, atau berada di tempat lain… di Metaverse, Anda bisa melakukan hampir segala hal. Mulai dari berkumpul, bekerja, bermain, berbelanja, dan berkreasi dalam sebuah pengalaman yang benar-benar baru…”
Konsepnya adalah Anda akan masuk ke dunia Metaverse dan melakukan beragam aktivitas tak terbatas di dunia virtual.
Sebagai contoh, menggelar konser virtual. Dengan Metaverse, Anda bisa menghadiri konser artis favorit Anda di negara lain tanpa perlu jauh-jauh mengunjungi negara tersebut.
Dengan Metaverse, tak ada lagi kendala jarak sehingga produktivitas bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing penggunaannya.
Hal ini sejalan dengan peran sosial media sekarang. Bedanya, Metaverse adalah proyeksi dari interaksi sosial di masa depan.
Meskipun melakukan penggantian nama, semua layanan Facebook seperti Instagram, WhatsApp, Messenger, dll tetap ada dan bisa digunakan normal.
Hanya saja, pengembangan berbagai platform media sosial tersebut kini menjadi prioritas nomor dua perusahaan, setelah proyek Metaverse.
“Mulai sekarang, kami adalah perusahaan yang mendahulukan Meta, bukan lagi Facebook. Kami akan merilis produk-produk baru dibawah naungan Meta. Harapannya, semua orang di seluruh dunia dapat menerima Meta dan masa depan yang tengah kami perjuangkan”.
Namun, tak perlu khawatir. Meta tidak akan memaksa penggunanya untuk memasuki dunia Metaverse, jika pengguna tersebut memang belum siap melakukannya.
Hal ini tentu cukup melegakan bagi pengguna, terutama yang menggunakannya untuk bisnis.
Meta adalah nama baru Facebook yang mencerminkan mimpi masa depan mereka, yaitu membangun dunia virtual tempat setiap orang berinteraksi secara online, di dunia metaverse.
Dengan perubahan nama tersebut, fokus Facebook saat ini adalah pengembangan produk untuk metaverse.
Meskipun demikian, semua layanan Facebook, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis bisa Anda memanfaatkan seperti biasa. Salah satu contohnya, Anda tetap bisa melakukan promosi produk lewat Facebook Ads tanpa kendala.
Singkatnya, jangan dulu khawatir dengan perubahan yang ditawarkan Facebook dengan penggantian nama menjadi Meta.