logo trikamedia white landscape

Strategi Pemasaran : Ini Pengertian & Contoh Paling Efektif !

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah suatu cara yang terencana dan terstruktur untuk menarik konsumen. Apapun bisnis yang Anda jalani, memiliki strategi marketing yang tepat tentunya akan membantu Anda terus-meneurs mendapatkan pelanggan.

Nah, dalam artikel kali ini, kami akan membahas apa itu strategi pemasaran, fungsinya, dan contoh strategi pemasaran yang efektifuntuk diterapkan di bisnis Anda. Dengan menerapkan strategi yang benar, bisnis Anda pun bisa meraih untung hingga berkali-kali lipat !

Apa Itu Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adlah rencana yang dibangun suatu bisnis untuk bisa menjangkau target pasar dan mengubah mereka menjadi konsumen, Dalam sebuah strategi pemasaran atau strategi marketing terdapat info tentang value proposition produk, branding bisnis, hingga segmentasi pasar yang jelas.

Artinya, Anda tidak bisa memasarkan produk atau layanan kepada semua orang. Sebab, setiap orang memiliki kebutuhan dan cara berkomunikasi yang berbeda. Itu kenapa antara satu segmen konsumen dan yang lain, strategi marketingnya juga bisa berbeda. Nanti Anda akan tahu praktiknya di bagian contoh strategi pemasaran.

Selain untuk memudahkan promosi ke target konsumen terntentu, strategi pemasaran juga dapat memudahkan koordinasi Anda dengan tim. Karena menurut ilmu pemasaran, eksekusi promosinya jadi lebih fokus dan terarah.

10+ Strategi Pemasaran Efektif Beserta Contohnya

Ada banyak strategi pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda. Berikut kami lampirkan beberapa contoh pemasaran yang ampuh yang bisa Anda coba.

1. Terapkan Search Engine Optimization (SEO)

SEO vs SEM

SEO merupakan strategi marketing yang berfokus pada upaya meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari.

Dengan banyaknya situs web yang ada di internet, diperlukan agar besar untuk menduduki peringkat teratas di Search Engine Result Page (SERP).

Teknik SEO akan membantu Anda meningkatkan traffic organik ke website Anda sehingga bisa menaikkan angka penjualan dan konversi.

Salah satu cara menerapkan strategi pemasaran yang satu ini adalah menentukan keyword yang relevan untuk setiap halaman website. Keyword adalah kata frasa yang biasanya digunakan oleh pengguna saat mencari informasi di Google.

2. Daftar Google Bisnisku

Contoh strategi pemasaran yang efektif adalah mendaftarkan usaha ke Google Bisnisku.

Google Bisnisku adalah layanan Google khusus pemilik bisnis untuk mempromosikan toko offline. Caranya, dengan mempermudah calon konsumen untuk mengetahui informasi lengkap suatu bisnis.

Dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga review pelanggan.

Dengan mendaftarkan bisnis Anda di Google Bisnisku, bisnis Anda otomatis muncul di Google Maps. Pelanggan yang ingin datang ke tempat bisnis Anda akan mudah menuju lokasi dengan bantuan Google Maps.

Selain itu, pelanggan bisa membaca dan meninggalkan review. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan kepercayaan calon pelanggan lainnya terhadap bisnis Anda.

3. Social Media Marketing

Memilih Media Sosial

Social media marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan pemanfaatan media sosial dengan membuat konten, berinteraksi dengan target audiens, sampai berpromosi melalui iklan.

Media sosial memang dapat membantu pebisnis membangun hubungan langsung dengan pelanggan. Sehingga, pebisnis bisa lebih mudah membangun loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

Berikut merupakan empat tips strategi pemasaran melalui media sosial yang bisa Anda coba :

  • Fokus pada platform jaringan sosial yang tepat. Misalnya, Instagram cocok untuk menargetkan demografi yang lebih muda, sementara Facebook adalah platform yang lebih oke untuk target audiens yang berusia di atas 30 tahun.
  • Manfaatkan aplikasi versi bisnis. Versi bisnis Facebook, WhatsApp, dan Instagram menyediakan berbagai marketing tool yang memudahkan pebisnis berinteraksi dengan pelanggan.
  • Libatkan audiens Anda. Balas komentar pelanggan, adakan giveaway, dorong pembuatan user-generated content (UGC), dan yang paling penting, dengarkan feedback dari pelanggan Anda.

4. Membangun Website Bisnis

Membuat website bisnis bisa menjadi contoh strategi pemasaran yang efektif.

Dengan jenis website ini, Anda dapat memperkenalkan identitas bisnis kepada audiens yang lebih luas sehingga meningkatkan potensi konversi. Selain itu, website bisnis memudahkan Anda mempromosikan produk dan layanan yang dijual, serta membangun citra profesional bagi usaha Anda.

Agar proses pembangunan website bisnis jadi jauh lebih mudah, gunakan Content Management System (CMS) seperti WordPress. Dengan WordPress, Anda bisa memiliki ratusan plugin dan template untuk membuat website hanya dalam beberapa kali klik saja.

Untuk mendukung pembuatan website Anda, pastikan koneksi internet Anda stabil dan mendukung ya. Tenang aja, dengan layanan yang ditawarkan Trikamedia mampu mendukung segala jenis aktivitas Anda.

5. Email Marketing

Email Marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang paling menguntungkan dengan tingkat konversi yang tinggi. Bahkan, lebih dari hasil 60% UMKM menggunakan metode email marketing untuk mencapai pelanggan mereka.

Email marketing tidak harus berkaitan dengan penjualan . Anda dapat mengirimkan newsletter bulanan dan mengadakan event eksklusif.

Untuk melakukan list building, Anda perlu membuat formulir berlangganan di website Anda. Agar lebih menarik, tawarkan imbalan bagi pengguna yang mendaftar. Misalnya, pelanggan bisa mendapatkan kupon diskon atau hadiah menarik lainnya.

Kemudian barulah Anda dapat menggunakan data yang terkumpul untuk melancarkan strategi pemasaran ini ke pelanggan.

6. Adakan Program Afiliasi

Afiliasi merupakan contoh strategi bisnis dimana Anda memberikan link referral produk atau layanan ke orang-orang yang bergabung dalam program afiliasi Anda.

Bagaimana cara kerja strategi ini? Setiap kali seseorang membeli produk atau layanan Anda melalui link referral, anggota program afiliasi yang memberikan referral akan mendapatkan komisi.

7. Terapkan Influencer Marketing

Vlogger

Influencer marketing merupakan strategi promosi yang populer sejak ramainya penggunaan media sosial. Influencer adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat. Contohnya, selebgram, YouTuber, dan lain-lain.

Manfaat utama dari influencer marketing yaitu, brand Anda akan langsung dikenal oleh audiens yang mengikuti akun media sosial influencer. Tentunya, hal ini akan menyederhanakan proses menjaring dan membangun audiens.

Untuk menerapkan strategi marketing ini, mulailah dengan mencari influencer yang menargetkan pasar yang sama dengan bisnis Anda. Kemudian, hubungi mereka untuk melakukan kerja sama.

8. Upselling dan Cross Selling

Dengan mengetahui kebutuhan pelanggan, Anda bisa memberikan customer experience yang lebih baik.

Upaya peningkatan pengalaman pelanggan dapat dilakukan dengan teknik upselling dan cross selling.

Upselling adalah merekomendasikan barang bernilai lebih tinggi kepada pelanggan saat chekout. Sementara cross selling adalah upaya merekomendasikan produk yang fungsinya melengkapi produk yang memang akan dibeli pelanggan Anda.

9. Jalankan Referral Marketing

Cara kerja program referral itu seperti promosi mulut ke mulut. Dengan program ini, konsumen akan mempromosikan sebuah produk atau layanan Anda ke teman, saudara, atau kerabat. Sehingga produk yang dipromosikan bisa dikenal lebih luas.

Melalui program ini, konsumen akan mendapat imbalan ketika orang lain bergabung dengan menggunakan referral code miliknya. Kode referral adalah kode unik yang digunakan untuk mengajak orang membeli suatu produk atau bergabung ke dalam keanggotaan suatu platform.

Ketika seseorang menggunakan kode Anda saat mendaftar atau melakukan pembelian, Anda akan menerima hadiah yang bisa berupa uang tunai, poin, diskon, atau yang lainnya.

10. Berikan Kupon dan Diskon

Sebanyak 94% dari konsumen mencari diskon atau promosi saat mereka berbelanja baik secara fisik maupun online. Memang, harga menjadi faktor penting untuk menarik perhatian calon pembeli.

Oleh karena itu, menggunakan taktik pemberian kupon dan diskon bisa menjadi strategi pemasaran yang patut dicoba. Semakin menarik potongan harga yang Anda tawarkan, semakin banyak orang yang akan tertarik membeli produk Anda.

Dengan strategi marketing ini, Anda akan memberikan potensi besar untuk meningkatkan konversi dan volume traffic yang lebih tinggi.

11. Adakan Giveaway

Siapa sih yang ga suka produk gratis? Apalagi jika Anda memang ingin membeli atau sedang memerlukan produk tersebut. Inilah yang menyebabkan giveaway adalah salah satu strategi pemasaran yang ampuh.

Giveaway memang tidak memberikan Anda profit. Namun, jenis strategi marketing ini akan memperkenalkan brand Anda kepada audiens yang lebih luas dan menciptakan kesan pertama yang baik.

Dalam penerapannya, Anda bisa mempromosikan event ini di berbagai platform media sosial dan memberikan syarat kepada peserta giveaway untuk menyebarkan informasi event tersebut.

Fungsi Menerapkan Strategi Pemasaran dalam Bisnis

Terdapat beberapa fungsi strategi pemasaran, yaitu :

  • Mempercepat pertumbuhan perusahaan. Ini karena segala upaya eksekusi strategi marketing dilakukan secara lebih terukur dan sistematis. Hingga perusahaan bisa mencapai target dengan cepat.
  • Meningkatkan brand awareness. Dengan strategi marketing yang pas, akan lebih banyak orang yang terpapar info mengenai brand dan produk.
  • Membidik pangsa pasar yang tepat. Strategi pemasaran bisa dipakai untuk menargetkan kelompok konsumen yang spesifik bisa menyumbang keuntungan.
  • Membangun reputasi. Strategi marketing ketika dijalankan secara terus menerus akan menciptakan reputasi bagi suatu brand. Jadi, pastikan pesan yang Anda sampaikan itu positif.
  • Memaksimalkan sumber daya yang dimiliki perusahaan. Dengan strategi pemasaran, perusahaan bisa mengetahui seberapa modal yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan dan seberapa besar timbal baliknya.

Manakah Strategi Pemasaran yang Ingin Anda coba?

Daftar strategi promosi di artikel ini tak hanya cocok diterapkan untuk bisnis yang baru merintis, tetapi juga pemain lama yang ingin produknya tetap menjadi top-of-mind di pasaran.

Salah satu strategi marketing yang efektif adalah dengan membuat website bisnis . Dengan website bisnis, pelanggan potensial dapat mengenal produk atau jasa Anda lebih dalam.

Namun, untuk melakukan itu semua, diperlukan koneksi internet yang stabil kecepatannya. Untungnya kini ada Trikamedia yang mampu menyediakan itu dengan harga yang terjangkau. Jadi, tunggu apa lagi? yuk pasang Trikamedia sekarang!